Kloter 1 Embarkasi Solo Berangkat ke Tanah Suci

Kloter 1 Embarkasi Solo Berangkat ke Tanah Suci

Boyolali – Jamaah calon haji (Calhaj) dari Embarkasi Solo mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Kloter 1 diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pukul 05.35 WIB tadi. 

Kloter 1 asal Kabupaten Sukoharjo berjumlah 358 jamaah, terdiri 353 jamaah dan 5 petugas. Sebelum diberangkatkan, dilakukan prosesi pelepasan di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Kloter pertama ini dilepas oleh Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono. 

Embarkasi Solo akan memberangkatkan jamaah calon haji asal Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jumlah jemaah calon haji tahun ini bertambah dibandingkan tahun lalu. 

“Tahun ini jumlah jamaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan bertambahnya kuota jamaah haji dari Kerajaan Arab Saudi. Sebanyak 381 untuk Jawa Tengah dan 379 untuk DIY,” kata Ketua PPIH Embarkasi Solo, Farhani, Minggu (7/7/2019).

Jumlah jamaah calon haji yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo sebanyak 34.177 orang. Terdiri dari Jateng sebanyak 30.610 dan 3.567 dari DIY. Selain itu ada 485 petugas kloter dan 278 TPHD. 

“Pemberangkatan jamaah dari Embarkasi Solo terbagi dalam 97 kloter,” jelasnya. 

Untuk jamaah tertua yakni Ahmad Toha yang telah berusia 98 tahun asal Kabupaten Temanggung. Sedangkan jamaah termuda yaitu Shinta Putri Yuliana, 18 tahun asal Kabupaten Magelang.

sumber : detik.com