Medan Punya Jalur Kereta Layang

Medan Punya Jalur Kereta Layang

Medan, cakraberita.com — Kereta Api (KA) merupakan salah satu moda transportasi masal untuk mengurangi jumlah kendaraan dijalan raya. Namun terkadang, jalur KA juga sebagai sumber kemacetan. PT KAI (Persero) Divre I Sumut pun terus berbena. Salah satunya dengan jalur kereta layang.

Proses uji coba jalur layang tersebut terbilang cukup sukses.

Menurut keterangan pihak Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) ternyata telah tiga kali melakukan uji coba jalur kereta api (KA). Dan semuanya berjalan lancar dan baik.

Berdasarkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Teknik Perkertaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara, Fakhrul Rivai, melalui Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut M ilud Siregar, di Medan, Rabu (10/7/2019), disebutkan uji coba sudah dilakukan tiga kali dan berjalan dengan lancar.

“Uji coba dilakukan pada bulan April, Mei, dan dan Juni 2019,” ujar Ilud. Kata dia, kegiatan uji coba jalur layang KA dilakukan sebelum dioperasikan dan dalam pengujian menggunakan satu Lok dan satu rangkaian Kereta MTT.

Ia menjelaskan, secara fisik bangunan di jalur layang KA sudah selesai sehingga untuk persiapan pengoperasian dilakukan tahapan-tahapan pengujian.

Ilud menyebutkan, hal ini merupakan bagian untuk dikeluarkannya sertifikasi laik fungsi. “Direncanakan kemungkinan jalur layang KA akhir bulan Agustus dapat dioperasikan,” tegas Ilud.(rat)