30 Agustus! Perayaan Timor Leste Lepas Dari Indonesia

30 Agustus! Perayaan Timor Leste Lepas Dari Indonesia

CakraBerita – Tepat pada hari ini, Jumat (30/8), Timor Leste akan merayakan dua puluh tahun lepas dari Indonesia dan menjadi negara yang merdeka.

Di hari bersejarah ini, Timor Leste dilaporkan sudah mempersiapkan satu perayaan yang bakal dihadiri sejumlah pemimpin asing, termasuk Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Sejarah ini bermula pada 1975, kala Indonesia menginvasi Timor Timur yang ditelantarkan Portugal. Saat itu, Portugal angkat kaki dari Timor Timur karena sedang dilanda Revolusi Anyelir.

Selama 24 tahun setelahnya, militer Indonesia berkuasa di tanah Timor Timur yang saat itu langsung diperkenalkan sebagai provinsi ke-27. Konflik pun tak terhindarkan, hingga merenggut nyawa ratusan ribu orang.

Hingga akhirnya pada 30 Agustus 1999, Timor Leste menggelar referendum untuk menentukan nasib sendiri, memisahkan diri dari Indonesia atau tidak.

Hasilnya, 78 persen warga Timor Leste memilih untuk lepas dari Indonesia. Namun, pergolakan masih terus terjadi hingga menewaskan sekitar 1.400 orang.