China Adukan AS Ke WTO

China Adukan AS Ke WTO

CakraBerita – China akhirnya menyeret isu perang dagang ke meja World Trade Organization (WTO) di Jenewa, Swiss. Kementerian Perdagangan China telah mengajukan keluhan terhadap Amerika Serikat (AS) kepada WTO pada Senin, 2 September 2019, waktu setempat.

Dilaporkan Reuters, Selasa (3/9/2019) China mengeluhkan tarif baru Presiden Donald Trump terhadap produk mereka senilai total USD 300 miliar. Ini adalah aduan ketiga China terhadap tarif Presiden Trump.

Tarif terbaru AS adalah penambahan tarif sebesar 15 persen kepada produk China yang mulai berlaku per 1 September. Total tarif baru Trump menyerang produk China senilai USD 300 miliar yang diterapkan bertahap dari September hingga Desember.

Pejabat AS berkata sedang menghukum China karena pencurian hak kekayaan intelektual. China pun membalas dengan menerapkan tarif serupa kepada AS.Berdasarkan aturan WTO, pemerintah AS punya waktu 60 hari untuk menyelesaikan kasus ini. China pun bisa meminta WTO untuk mengadili kasus tarif ini yang dapat memakan waktu bertahun-tahun.