Kabar Baik! AS-China Melakukan Pembicaraan Melalui Telepon

Kabar Baik! AS-China Melakukan Pembicaraan Melalui Telepon

CakraBerita – Harga obligasi rupiah pemerintah menguat signifikan pada hari ini, di tengah sumringahnya pasar keuangan Asia setelah Amerika Serikat (AS)-China melanjutkan pembicaraan melalui telepon hari ini.

Naiknya harga surat utang negara (SUN) itu seiring dengan koreksi yang terjadi di pasar surat utang pemerintah negara lain.

SUN adalah surat berharga negara (SBN) konvensional rupiah yang perdagangannya paling ramai di pasar domestik, sehingga dapat mencerminkan kondisi pasar obligasi secara umum.

Perbincangan via sambungan telepon Beijing-Washington melibatkan berbagai tokoh penting seperti Wakil Perdana Menteri China Liu He, Gubernur Bank Sentral China Yi Gang, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Komunikasi yang terjalin kembali tersebut menuai kesepakatan gelaran negosiasi dagang secara tatap muka pada awal bulan depan. AS dan China akan menggelar negosiasi tersebut di Washington DC. Kedua belah pihak akan menggelar konsultasi pada pertengahan bulan ini sebagai bagian dari persiapan negosiasi tatap muka di awal bulan depan.