Menlu Korut Tidak Akan Hadir di Pertemuan PBB

Menlu Korut Tidak Akan Hadir di Pertemuan PBB

CakraBerita – Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong Ho, dilaporkan tidak akan menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Duta Besar Korut untuk PBB, Kim Song, mengatakan bahwa Ri tak dapat menghadiri sidang Majelis Umum “karena jadwal” padat.

Awalnya, Ri dijadwalkan menjadi pembicara. Namun kemudian, jadwal itu diperbarui dan nama Ri digantikan dengan Kim. Kantor Kim menekankan bahwa tak ada yang ganjil dengan keputusan ini karena sebelumnya, Korut selalu diwakili oleh pejabat dengan tingkatan berbeda-beda.

Ri sendiri dikenal sebagai negosiator andalan Korut dalam perundingan terkait denuklirisasi dengan AS. Namun belakangan, Ri menyebut negosiasi dengan AS seperti diplomasi beracun.

Namun, Korut mengancam bakal terus melakukan uji coba nuklir jika AS dan Korsel tak menghentikan latihan militer gabungan.

Menurut Korut, perundingan denuklirisasi tak dapat berjalan beriringan dengan latihan militer. Selama ini, Korut menganggap latihan gabungan AS-Korsel tersebut sebagai upaya untuk menginvasi negaranya.