Dewan Pers Meminta Media Massa Tidak Mudah Percaya Dengan Pernyataan Pemerintah

Dewan Pers Meminta Media Massa Tidak Mudah Percaya Dengan Pernyataan Pemerintah

CakraBerita – Dewan Pers meminta media massa untuk tidak mudah percaya klaim yang disampaikan pemerintah maupun aparat keamanan terkait konflik di Papua dan Papua Barat. Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Bangun menyampaikan pers harus turun langsung ke lapangan, bukan hanya mengutip klaim elite pemerintahan.

“Kami mengimbau, kalau mau membuat berita itu cek ke lapangan. Jangan hanya talking-talking. Sebab, kalau ditanya nanti TNI, ‘Oh aman kok, sudah kondusif’, tapi di setiap sepuluh meter sudah ada yang jagain,” kata Hendri di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Jumat (6/9).

Dia mengatakan seharusnya perusahaan pers mengirim para jurnalisnya ke Papua. Sehingga bisa memberitakan detail suasana di lapangan.

Hendri mencontohkan media massa bisa mengekspos suasana masyarakat yang terdampak di lokasi unjuk rasa. Begitu pula kondisi pemulihannya.

Namun ia juga mengingatkan para jurnalis untuk tidak menyeret pemberitaan Papua ke masalah sensitif, seperti kerenggangan antara masyarakat asli Papua dan pendatang.