PT PLN Akan Membangun PLTU dan Gardu Induk Baru Seharga Rp. 12 Triliun

PT PLN Akan Membangun PLTU dan Gardu Induk Baru Seharga Rp. 12 Triliun

CakraBerita – PT PLN (Persero) menandatangani kontrak pembangunan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan satu pembangunan Gardu Induk senilai Rp 12 triliun.

Plt. Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani menyebutkan, proyek pembangunan yang ditandatangani adalah PLTU Sulut-1 kapasitas 2×50 MW, PLTU Timor-1 kapasitas 2×50 MW, dan PLTU Palu-3 kapasitas 2×50 MW serta proyek Gardu Induk GIS 500 kV Muara Karang Baru. Dalam pembangunan ini diperlukan komitmen dari semua pihak agar dapat berhasil.

Penandatanganan kontrak pembangunan tiga PLTU dan satu GI ini memiliki nilai total investasi lebih dari Rp 12 triliun dengan menggunakan Anggaran PLN (APLN).

Adapun pembangunan pembangkit dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara, sementara pembangunan GIS 500 kV Muara Karang Baru yang merupakan bagian dari jaringan transmisi 500 kV Jakarta Looping dilakukan untuk mendukung dan meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan DKI Jakarta dan sekitarnya.