Dinas Pendidikan Jaim Melakukan Perlombaan peneliri Belia

Dinas Pendidikan Jaim Melakukan Perlombaan peneliri Belia

Cakraberita – Lomba Peneliti Belia atau Young Scientists Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jatim berlangsung di Convention Hall Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis hingga Jumat, 13 September 2019.

Kompetisi ini diikuti oleh 259 siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Surabaya, Jawa Timur. Kepala Dinas Pendidikan Surabaya M. Ikhsan mengatakan, Lomba Peneliti Belia ini merupakan yang ke-7 yang digelar Dinas Pendidikan Surabaya.

“Beberapa waktu lalu Tim Indonesia berhasil memperoleh 1 emas, 3 perak, dan 3 perunggu dalam lomba peneliti belia internasional. Yang dari Kota Surabaya menyumbangkan 1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu,” kata Ikhsan

Ikhsan menuturkan, lomba ini diselenggarakan setiap tahun agar pelajar Surabaya dapat mengembangkan bakat di bidang penelitian. Sesuai pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pelajar Surabaya harus difasilitasi dan dipersiapkan sarana pengembangan diri, baik itu di bidang penelitian, olahraga, seni, akademik, dan lain sebagainya.

“Ibu Wali Kota Surabaya selalu berpesan kepada anak-anak untuk mengembangkan diri di bidang apa pun. Sekarang kalian dipersiapkan untuk jadi peneliti dan ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan diri sendiri,” katanya.