Herman Melarang Semua Bupati dan Walikota di Wilayah Untuk Keluar Daerah

Herman Melarang Semua Bupati dan Walikota di Wilayah Untuk Keluar Daerah

CakraBerita – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melarang seluruh bupati-wali kota di wilayahnya untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah sebelum kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kabut asap benar-benar sudah diatasi. Perjalanan dinas hanya boleh dilakukan jika mendesak.

“Saya minta jangan meninggalkan tempat jika tidak melakukan perjalanan dalam hal yang sangat prinsip,” ujar Herman, Senin (16/9).

Herman mengaku telah berulang kali mengimbau kepada bupati dan wali kota agar tidak keluar daerah sebelum permasalahan karhutla dan asap selesai. Dia menginstruksikan kepada kepala daerah yang hendak pergi ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri untuk meminta izin kepadanya terlebih dahulu.

Dirinya lalu meminta kepada seluruh bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota untuk memantau kondisi daerah masing-masing dengan saksama. Sebisa mungkin turut mencegah karhutla semakin luas dan mengakibatkan kabut asap. Para kepala daerah juga diimbau untuk ikut serta membantu tim pemadaman yang bekerja di lapangan.

“Kalau ke luar daerah selama masih ada ancaman karhutla ini, anu lah, kalau bisa wakilkan, wakilkan saja. Saya kemarin menerima WTN (Wahana Tata Negara) saja diwakilkan kepala dinas. bukan enggak bangga, saya ini ingat asap,” ujar dia.

Herman sendiri mengaku telah membatalkan 2 agenda ke luar negeri karena karhutla di Sumsel tak kunjung selesai. Dia merasa bertanggung jawab ketika karhutla masih terjadi di wilayah yang dipimpinnya.