Wiranto Klaim Presiden Jokowi Sangat Prihatin Atas Karhutla

Wiranto Klaim Presiden Jokowi Sangat Prihatin Atas Karhutla

CakraBerita – Menkopolhukam Wiranto mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat prihatin dan akan serius menangani persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Menurutnya, keprihatinan itu ditunjukkan lewat kedatangan Jokowi meninjau lokasi karhutla di Riau.

“Presiden sendiri yang merasa sangat prihatin tentang hal ini dan memberikan perhatian khusus sampai beliau ingin langsung melihat, langsung meninjau, dan ingin mendapatkan laporan di daerah-daerah yang rawan kebakaran,” ujar Wiranto saat dihubungi, Senin (16/9).

Wiranto mengatakan Jokowi bertolak ke Riau sore ini, Senin (16/9). Setiba di sana, Jokowi disebut akan menggelar rapat membahas karhutla dengan pihak terkait.

Selain dirinya, Wiranto mengatakan beberapa menteri yang lain juga ikut mendampingi Jokowi. Di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, hingga Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Berdasarkan keterangan BMKG, ia menyebut musim kemarau masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan.

“Maka tentunya kita perlu inventarisasi masalah apa, masalah di lapangan yang kurang, kita mencoba di sana. Dan ternyata masih ada beberapa yang kurang yang kemudian kita putuskan untuk kita melengkapi kekurangan-kekurangan itu,” ujar Wiranto.