Direktur PT Jasa Marga: Berkurangnya Kepadatan Lalu Lintas di Tol

Direktur PT Jasa Marga: Berkurangnya Kepadatan Lalu Lintas di Tol

CakraBerita – Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, menjelaskan target lalu lintas harian rata-rata (LHR) di Tol Layang Jakarta-Cikampek II, dapat mengurangi 40-50% kepadatan lalu lintas (lalin) di tol eksisting, Jakarta-Cikampek. Saat ini, rata-rata lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek mencapai 70.000 kendaraan per hari.

“Dengan LHR 70.000 kendaraan, kami targetkan ada distribusi sekitar 40-50% dari angka tersebut yang akan naik ke jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated,” ujar Subakti Syukur.

Dia mengatakan, pihaknya masih membahas terkait sistem pengoperasian dengan pemerintah pusat. ‎”Ini yang sedang intens kami bahas dengan pemerintah terkait dengan sistem pengoperasiannya,” katanya.

“Kami usulkan sistem tarif terintegrasi, agar masyarakat dapat mudah memilih sesuai kebutuhan mau lewat atas atau lewat bawah,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengunjungi proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II, Minggu (22‎/9/2019). Tol layang itu ditergetkan segera beroperasi dalam beberapa waktu ke depan.

Budi Karya menggarisbawahi pengoperasian jalan tol yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia ini diharapkan dapat mempercepat perjalanan Jakarta-Bandung.