TNI Melakukan Patroli Keamanan Wilayah Atas Penebangan Liar

TNI Melakukan Patroli Keamanan Wilayah Atas Penebangan Liar

CakraBerita – Selain melaksanakan patroli keamanan wilayah, sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam, Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw juga melaksanakan patroli di daerah yang rawan terhadap pembalakan atau penebangan pohon secara liar (ilegal).

Diungkapkan Dansatgas, patroli keamanan rutin Pos Km 76 yang dipimpin Sertu Khamdi, dikarenakan maraknya aksi penebangan hutan secara liar yang dilakukan oleh para pendatang maupun pengusaha kayu ilegal di wilayah Kampung Uskuar, Distrik Mannem.

“Penebangan hutan secara liar dapat berakibat fatal bagi kehidupan ekosistem baik satwa maupun tumbuhan, tidak terkecuali bagi penduduk setempat, karena bisa terjadi longsor yang belakangan ini sering muncul,” ungkap Ary.

Pada patroli keamanan yang dilaksanakan pada hari Minggu (29/9/2019), personel Satgas menempuh jarak sejauh 4,5 Km dengan medan yang bervariasi dan cukup menantang.

Sebelum berangkat patroli, menurut Ary, sesuai prosedur yang berlaku anggota menerima perintah taktis maupun administrasi yang ditekankan oleh tertua khususnya mengenai kewaspadaan dan faktor keamanan dalam pelaksanaannya.