Sea Power Conference 2019, Kehormatan Laksamana Muda TNI Menjadi Pembicara

Sea Power Conference 2019, Kehormatan Laksamana Muda TNI Menjadi Pembicara

CakraBerita – Pada kegiatan Sea Power Conference Tahun 2019, Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut mendapat kehormatan sebagai salah satu pembicara dalam diskusi panel bersama lima pemimpin Angkatan Laut negara kawasan yakni Fiji, Perancis, Amerika Serikat, India dan Jepang.

Sea Power Conference 2019 mengangkat tema “The Indo-Pacific Maritime Domain in the 21st Century – The Spectrum of Influence”. Tema ini dapat diartikan sebagai peluang bagi kawasan untuk dapat menghubungkan antara kebutuhan dan kepentingan dari negara kawasan di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia yang mengedepankan kerja sama dan menekan kemungkinan terjadinya konflik.

Dalam presentasi tersebut, calon Panglima Koarmada-I ini menegaskan kepada audiens bahwa laut kita adalah masa depan kita. Dalam beberapa dekade terakhir terlihat tren penggunaan laut yang terus mengalami peningkatan. Laut tidak hanya digunakan untuk keperluan tradisional sebagai media transportasi semata yang menghubungkan daratan, tetapi laut telah digunakan secara luas, dalam beberapa situasi dieksploitasi secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan besar dunia akan energi, pangan bahkan pengaruh atau kekuasaan.

Konferensi ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober 2019 yang dikemas dalam beberapa agenda secara paralel dengan enam kegiatan lainnya di antaranya King-Hall History Conference 2019, Senior Enlisted Leadership Conference 2019, Pacific Maritime Security Partnership Event, dan International Maritime Conference 2019, dan Pacific 2019.