BNPB Mengirimkan Satu Helikopter untuk Membantu Pemadaman Kebakaran Hutan

BNPB Mengirimkan Satu Helikopter untuk Membantu Pemadaman Kebakaran Hutan

CakraBerita – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan satu helikopter tambahan dari Riau ke Sumatera Selatan untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan cara pengeboman menggunakan air (water bombing).

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan di wilayahnya kini ada 10 heli. Sebanyak 8 helikopter dioperasikan untuk water bombing, sementara dua unit lainnya digunakan untuk patroli.


“Riau dinilai sudah tidak banyak karhutla, status siaga darurat juga sudah dicabut di sana. BNPB menambahkan 1 helikopter dari Riau ke Sumsel. Hujan memang terjadi di Sumsel tapi sporadis dan kebanyakan bersifat lokal. Daerah yang terbakar malah tidak semua terdampak hujan,” kata Ansori

Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan untuk memancing terjadinya hujan pun belum efektif karena awan penghujan belum muncul di langit Sumsel. Pesawat TMC masih siaga di Landasan Udara Sri Mulyono Herlambang Palembang menunggu saat yang tepat untuk menabur garam khusus TMC.