Kapal Layar latuh Taruna Akademii Angkatan Laut Kebanggaan Bangsa Indonesia

Kapal Layar latuh Taruna Akademii Angkatan Laut Kebanggaan Bangsa Indonesia

CakraBerita – Setelah berada selama beberapa hari berlabuh di Batam sejak Senin (14-10-2019), KRI Bima Suci-945 yang merupakan kapal layar latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) kebanggaan bangsa Indonesia, melepas tali tambat sekaligus melanjutkan pelayaran ke Benoa Bali. Kamis (17/10).

KRI Bima Suci yang berlayar membawa Satuan Latihan (Satlat) Kartika Jala Krida (KJK) Taruna dan Taruni AAL Angkatan ke-66 Tahun 2019 dan tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa ini, selama berlabuh di Batam telah melaksanakan berbagai kegiatan, yaitu sosialisasi dan promosi ke sekolah-sekolah SMK dan SMA yang ada di Kota Batam. Selain itu, display dan kirab Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, cocktail party yang terpadu dengan sajian menu makanan khas dan penampilan tari-tarian kebudayaan tradisional bangsa Indonesia. Selain itu, kunjungan kekerabatan ke Walikota Batam dan kunjungan ke Polda Kepulauan Riau.

Selama pelaksanaan, Satlat Kartika Jala Krida 2019 mengemban 3 misi, pertama sebagai kapal latih Taruna Akademi Angkatan Laut, kedua sebagai diplomasi negara dan ketiga sebagai duta bangsa untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkesan baik bagi Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut maupun bagi negara yang dikunjungi”.

Satgas Luar Negeri Diplomasi Duta Bangsa membawa misi Diplomasi dengan bertemakan “Maritime Fulctrum Brotherhood”, yakni menunjukkan bahwa Indonesia adalah poros maritim dunia sekaligus memperkenalkan karakter kebudayaan Indonesia juga TNI Angkatan Laut kepada negara sahabat, khususnya negara tujuan Satlat Kartika Jala Krida 2019. “Hal tersebut, selaras dengan visi poros maritim dunia yang merupakan tujuan utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL)”.