Nadiem Diharapkan Dapat Meradikalkan Fungsi Pendidikan

Nadiem Diharapkan Dapat Meradikalkan Fungsi Pendidikan

CakraBerita – Pengusaha muda, Nadiem Makarim telah resmi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (23/10/2019). Penunjukkan Nadiem Makarim cukup mengejutkan karena selama ini dia lebih dikenal sebagai pelopor startup di Indonesia.

Pada saat pelantikan, Presiden Jokowi berpesan kepada Nadiem agar membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM,) menyiapkan SDM yang siap kerja, siap berusaha, serta ada link and match antara pendidikan dan industri.

Menanggapi hal tersebut, praktisi pendidikan yang juga Ketua Visi Indonesia Pintar (VIP) Hendrik Masur berharap Nadiem Makarim memandang pendidikan secara lebih holistik.

Hendrik menilai pendidikan Indonesia hanya berkutat bertahun-tahun pada soal learning to know dan learning to do untuk melayani kepentingan pasar. Menurut dia, sudah saatnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan meradikalkan fungsi pendidikan pada tahap yang lebih mulia, yakni belajar menjadi diri sendiri (learning to be) dan belajar hidup bersama (learning to live together).