Nelayan Jadi Korban Reklamasi, Nelayan Minta Bertemu Anies

Nelayan Jadi Korban Reklamasi, Nelayan Minta Bertemu Anies

CakraBerita – Kelompok Nelayan Korban Reklamasi di Muara Kamal meminta untuk bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tuntaskan janji setop reklamasi.

Ketua Korban Nelayan Muara Kamal Ade Kandar mengatakan wilayah di sekitar pesisir pantai terdampak dengan adanya pembangunan Pulau C.

“Sekarang pengurukan sudah enggak ada. Penyedotan, pembuangan tidak ada. Namun sekarang, transportasi truk membuang tanah ke pulau pulau itu siang dan malam,” kata Ade


Selain itu, katanya, aktivitas lainnya adalah pembangunan jembatan untuk menghubungkan PIK 1 dan PIK 2 yang terus berjalan. Oleh karena itu, sambungnya, dia ingin beraudiensi dengan Anies untuk menagih janji kampanyenya dahulu soal reklamasi, namun masih terhalang protokol.

Selain itu, pembangunan itu menghalangi arus air laut yang memengaruhi penangkapan ikan nelayan. “Jadi enggak ada arus, ikan-ikan juga jadi jauh. Hasil jaring-jaring juga menurun drastis dari para nelayan,” katanya.

Kini pihaknya pun meminta agar pemerintah dapat turut bertanggung jawab atas hilangnya mata pencaharian mereka tersebut. Ia pun merasa tidak keberatan diberdayakan dalam pekerjaan lain sembari menunggu penyelesaian proyek tersebut.