Donald Trump Berhasil Menewaskan Pemimpin ISIS

Donald Trump Berhasil Menewaskan Pemimpin ISIS

CakraBerita – Presiden Donald Trump mengatakan pengalamannya menyaksikan video gempuran Amerika Serikat di Suriah yang menewaskan pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, bak menonton film.

“Seolah-olah sedang menonton film,” kata Trump dikutip AFP, Minggu (27/11).

Ia menuturkan bahwa pengalamannya menonton di Ruang Situasi, Gedung Putih, bersama Wakil Presiden, Mike Pence, beserta para petinggi militer dan pejabat kemanan nasional itu merupakan sesuatu yang sangat mengagumkan dan terasa sangat nyata.

Penyerangan yang dilakukan oleh tentara AS itu berawal dari pengamatan terhadap Baghdadi selama beberapa pekan untuk mengetahui keberadaannya. Ketika lokasinya telah terkonfirmasi, para pasukan kemudian diterjunkan pada Sabtu pekan lalu.

Trump menjabarkan bahwa AS dan koalisinya mengerahkan delapan helikopter serta beberapa kapal dan pesawat untuk melancarkan operasi tersebut.

Penyerangan diawali dengan para pasukan yang harus masuk dan keluar melintasi wilayah rahasia di bagian barat laut Suriah dengan terbang rendah dan kecepatan tinggi selama sekitar satu jam 10 menit.

Ketika mereka telah sampai di wilayah yang menjadi target, serangan langsung dijalankan selama kurang lebih dua jam.

Menurut Trump, ketika pasukan membombardir gedung, para pendukung Baghdadi dalam “jumlah besar” tewas, termasuk istri-istri sang pemimpin ISIS.

Setelah menewaskan sekelompok pendukung, para pasukan lalu melanjutkan beberapa upaya lainnya, di antaranya menyelamatkan 11 anak-anak yang masih hidup dan para tawanan ISIS.