Presiden Ingin Industri Strategis Pertahanan Dipicu Dengan  Maksimal

Presiden Ingin Industri Strategis Pertahanan Dipicu Dengan Maksimal

CakraBerita – Belanja pemerintah di bidang pertahanan perlu dimanfaatkan secara optimal. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar industri-industri strategis pertahanan dapat dipacu dengan maksimal dengan menggunakan belanja pertahanan tersebut.

“Di sektor pertahanan, kita harus betul-betul memanfaatkan belanja di bidang pertahanan untuk terutama memacu industri-industri strategis dalam negeri dan juga untuk memenuhi minimum esential force yang sudah kita targetkan,” kata Jokowi

“Sedapat mungkin jangan sampai kita impor semuanya,” ucap Jokowi. Menurut Presiden, anggaran pertahanan harus dimanfaatkan dalam rangka pengembangan industri strategis dari hulu sampai ke hilir.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum banyak bicara terkait pengembangan industri pertahanan. “Kita masih dalam taraf, katakanlah belanja masalah, inventarisasi masalah,” ujar Prabowo.

Prabowo pun mengatakan, dirinya masih mengumpulkan data bersama wakil menteri pertahanan. “Kami kumpulkan, sehingga nanti langkah-langkah dan kebijakan-kebijakan kita ini tepat. Saya kira itu. Berilah waktu beberap saat. Kita ini dalam rangka mengkaji dulu, baru berapa hari ini (bekerja),” ujarnya.