Jokowi Diminta Bijak dalam Memilih Watimpres

Jokowi Diminta Bijak dalam Memilih Watimpres

CakraBerita – Pelantikan Kabinet Indonesia Maju telah dilakukan di Istana Negara Rabu (23/10/2019) lalu. Namun, hingga kini, masih ada saja yang menilai kompetensi dan latar belakang dari Menteri yang ditempatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kurang pas di bidangnya.

Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menilai, Kabinet Indonesia Maju telah dilantik dan telah mulai bekerja. Seharusnya, masyarakat memberi ruang dan waktu kepada mereka untuk membuktikan kemampuannya, setidaknya dalam waktu 100 hari kerja Kabinet.

Menurutnya, komitmen untuk membuat Indonesia Maju lebih utama dibandingkan kepentingan pribadi maupun golongannya. Karena itu, lanjut Saiful Anam, orang-orang yang bakal mengisi posisi Watimpres harus punya kredibilitas, kapasitas dibidangnya masing-masing. Sehingga rekomendasi Watimpres nantinya benar-benar didengar oleh Presiden.

“Presiden harus bijak dan juga berhati-hati dalam memilih tokoh yang akan duduk sebagai Watimpres,” ujar Saiful Anam kepada wartawan di Jakarta Rabu (6/11/2019).