Polda Metro Jaya Mendalami Laporan Terhadap Novel Baswedan

Polda Metro Jaya Mendalami Laporan Terhadap Novel Baswedan

 CakraBerita – Polda Metro Jaya akan mendalami laporan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan yang dilakukan politikus PDI Perjuangan Dewi Tanjung. Novel dilaporkan atas dugaan rekayasa penyiraman air keras. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pendalaman untuk mengetahui lebih jauh ada tidaknya unsur pidana seperti yang dilaporkan Dewi.

“Kalau memenuhi unsur pidana kita naikkan status jadi tingkat penyidikan. Tapi kalau tidak memenuhi unsur pidana perkara tersebut kita hentikan,” ujarnya kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan pada Kamis (7/11).

Argo menjelaskan terkait laporan ini pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap pelapor, saksi, saksi ahli maupun barang bukti yang diajukan pelapor. Pun demikian dengan terlapor juga akan dipanggil.

“Nanti kelanjutannya kita akan panggil pelapor, saksi-saksi dan terlapor untuk kita minta klarifikasi terkait laporan itu,” tutur Argo.

Novel sebelumnya dilaporkan oleh Politikus PDIP Dewi Tanjung, Rabu (6/11) dengan dugaan pelanggaran Pasal 26 ayat (2) junto Pasal 45 A Ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 A ayat 1 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Kasus Novel ini, kata Argo, akan ditangani langsung oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) di bawah Kepala Sub Direktorat (Kasubdit).