Tiga Kepala Staf Berpeluang, Jadi Siapa yang Pantas Posisi Wakil Panglima TNI?

Tiga Kepala Staf Berpeluang, Jadi Siapa yang Pantas Posisi Wakil Panglima TNI?

CakraBerita – Posisi Wakil Panglima TNI direncanakan akan kembali diaktifkan.

Menurut Pengamat Politik dari Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Unpad, Muradi menilai jika wacana ini cukup baik untuk organisasi TNI di era saat ini.

“Selain sebagai penguatan struktur organisasi, posisi ini juga untuk konsolidasi internal TNI, agar tidak ego sektoral,” jelasnya, Senin (11/11) di Kampus Unpad.

Muradi menambahkan, bahwa peluang Wakil Panglima TNI akan diisi oleh Jenderal Bintang empat.

“Yang berpeluang kepala Staf tiga Angkatan, baik Darat, Laut atau Udara. Namun saran saya untuk saat ini harus dari Angkatan Darat,” paparnya.

Posisi Wakil Panglima TNI sangat Penting saat ini. Sehingga siapapun Jenderal Bintang empat yang ditunjuk harus bisa selaras dengan Panglima TNI.

“Pak Hadi itu baru 2021 pensiun, kalau ada Wakil Panglima TNI saat ini, itu artinya bisa saja nantinya mengganti pak Hadi. Tapi posisi Wakil Panglima TNI bukan untuk batu loncatan atau pijakan menjadi Panglima TNI,” jelasnya.

Dirinya melihat, untuk saat ini posisi tersebut cocoknya dari Angkatan Darat.

“Karena Panglima AU, maka saat ini cocoknya ya Angkatan Darat. Dan peluangnya ada di Jenderal Andhika Perkasa,” jelasnya.

Organisasi di TNI juga diminta Presiden menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

“Mengikuti situasi saat ini, terlebih banyak Kolonel dan Jenderal Bintang satu yang belum punya jabatan. Sehingga wacana Wakil Panglima ini selain kebutuhan organisasi juga tantangan jaman saat ini,” ujarnya.

Dibentuknya Pasuskan Khusus Gabungan tiga Matra, perlu adanya Manajerial yang baik dari pimpinannya.

“Jawabannya yakni dengan kembali mengaktifkan jabatan Panglima TNI,” kata pria yang menjabat Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan Pasca Sarjana Unpad ini.