Tingkatkan Sektor Pendidikan, Walikota Pariaman Lantik 61 Kepala Sekolah

Tingkatkan Sektor Pendidikan, Walikota Pariaman Lantik 61 Kepala Sekolah

Walikota Pariaman, Genius Umar melantik 61 orang kepala sekolah tingkat SD, SMP, dan TK yang ada di wilayahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk penyegaran dan meningkatkan lagi kinerja para kepala sekolah di sektor pendidikan.

“Sehingga diharapkan bisa menciptakan SDM unggul Indonesia Jaya. Khususnya untuk Kota Pariaman sendiri,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar pada Kamis (21/11/2019).

Lanjut Genius, sebab untuk mencapai itu, ada dua bidang yang harus bekerja, yaitu bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

Dikatakan Genius, untuk itu, kepala sekolah tugasnya bukan hanya duduk dibelakang meja saja. Akan tetapi juga harus masuk ke kelas untuk mengawasi guru-guru dalam mengajar.

“Jadi, jika nanti ada kekurangan pada cara mengajarnya guru. Kepala sekolah bisa memperbaikinya. Selain itu, fungsi kepala sekolah harus bisa koordinasi dengan lurah atau desa di wilayah sekolahnya,” ucapnya.

Karena di desa atau kelurahan, biasanya ada program-program kerja desa/lurah yang berkaitan dengan bidang pendidikan di sekolah. Untuk itu, kepala sekolah harus mengerti itu.

Untuk Dinas Pendidikan di Kota Pariaman, Genius juga menyampaikan, harus mengejar visi misi dan program daerah seperti Saga Saja.

Kemudian, dinas juga harus bisa menjalin kerjasama dengan desa dan kelurahan untuk mengetahui informasi siapa saja warga miskin yang tidak ada sarjananya di rumah mereka. Agar nanti bisa dibantu Pemkot Pariaman.

Kemudian kata Genius, untuk dana BOS tolong juga agar digunakan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru dibidang pendidikan.

“Karena, semakin tinggi ilmu guru, jadi diharapkan semakin berkualitas cara memberikan ilmu dan mengajarnya kepada anak-anak didik mereka,” ungkapnya.