Gubernur Jabar Berharap Festival Film Bandung Jadi Event Kelas Dunia

Gubernur Jabar Berharap Festival Film Bandung Jadi Event Kelas Dunia

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Forum Film Bandung kembali menggelar Festival Film Bandung (FFB) sebagai konsistensi bentuk komitmen dalam mendukung perkembangan industri kreatif dan film nasional.

Di FFB ke-32 tahun 2019 ini, tema yang diusung adalah ‘Bangga Film Indonesia’. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun berharap bisa mendorong FFB bersaing dengan festival film lain yang ada di dunia.

“Saya mendukung penuh (FFB). Kita akan terus meningkatkan agar acara (FFB) setiap tahun semakin meriah dan makin berkualitas,” ucap Ridwan Kamil saat menghadiri malam puncak 32 Tahun Festival Film Bandung di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (22/11/19).

“Mungkin suatu hari nanti kita bisa bikin Festival Film Bandung ini juga meng-internasional. Insyaallah,” imbuh gubernur yang akrab disapa Emil ini.

Tak lupa, Emil pun menyampaikan ucapan selamat kepada para insan film yang memenangkan Piala FFB 2019. Dia berharap, kualitas perfilman nasional yang konsisten bisa membawa film-film Indonesia semakin berjaya di masa depan.

Selain itu, Emil mengatakan bahwa FFB juga menjadi peluang memantapkan langkah Jabar sebagai provinsi pariwisata dan ekonomi kreatif. “Kita juga ingin film ini menjadi industri kreatif, menambah visi Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata juga provinsi ekonomi kreatif,” kata Emil.

Adapun di FFP ke-32 tahun 2019, terdapat 110 judul film nasional, 334 judul film televisi, 54 judul serial televisi, dan 213 film impor yang masuk dalam penilaian FFB kali ini.