Peresmian Masjid Al Sulthon Bukti Eratnya Kebersamaan dalam Kebinekaan di Koharmatau

Peresmian Masjid Al Sulthon Bukti Eratnya Kebersamaan dalam Kebinekaan di Koharmatau

BANDUNG, DISPENAU. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meresmikan Masjid Al Sulthon di Markas Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau), Bandung, Kamis (19/12/2019).

Kasau dalam sambutannya menekankan pentingnya kebersamaan dalam kebinekaan. Karena meskipun Dankorharmatau bukan seorang muslim namun sangat memperhatikan kenyamanan dan kekhusyukan anak buahnya yang muslim dalam melaksanakan ibadah.

“Perlu saya sampaikan kepada Pak Gubernur Jawa Barat bahwa kebersamaan dalam kebinekaan di kehidupan prajurit TNI AU sudah lama terjalin dengan baik. Bahkan di beberapa Lanud, masjid, gereja, dan pura berdampingan satu sama lain,” sambung Kasau.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil menyambut baik diresmikannya Masjid Al Sulthon Koharmatau dan mengungkapkan kekagumannya kepada Dankorharmatau Marsda TNI Dento Priyono yang nonmuslim namun sangat peduli dengan peningkatan keimanan dan ketakwaan anggotanya.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang diambil Pak Komandan dalam membangun masjid yang megah di Koharmatau ini. Hal ini membuktikan bahwa kita sebagai bangsa yang majemuk, hidup dalam harmoni kebinekaan tanpa mempermasalahkan keyakinan umat beragama yang lain. Hal ini merupakan modal besar bagi bangsa Indonesia untuk menyongsong program pemerintah Indonesia Maju,” ujar Kang Emil sambil berkelakar bahwa Pemprov Jabar punya alokasi anggaran namun pihak TNI AU tidak pernah mengajukan permohonan bantuan.

Sementara itu, Dankorharmatau melaporkan, kebijakan perluasan Masjid Al Sulthon dan perbaikan fasilitas lainnya dimaksudkan agar masjid ini menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah bagi seluruh anggota Koharmatau yang muslim.

“Seiring waktu, akan tiba saatnya saya meninggalkan Koharmatau ini. Saya ingin ada peninggalan yang bermakna bagi anggota meskipun saya nonmuslim. Meminjam istilah dalam agama Islam yakni “rahmatan lil alamin” atau rahmat bagi semesta alam, saya ingin masjid ini bisa bermanfaat bagi semua,” ujar Dankorharmatau.

Turut hadir dalam acara tersebut, Aspotdirga Kasau, Danseskoau, Dankorpaskhas, Kadislambangjaau, Kadiswatpersau, Kadislitbangau, Kadispenau, Danlanud Sulaiman dan Husein Sastranegara, serta para pejabat jajaran Koharmatau.