Pemkab Tanah Datar Imbau Tidak Ada Pendakian di Gunung Marapi dan Singgalang di Malam Tahun Baru

Pemkab Tanah Datar Imbau Tidak Ada Pendakian di Gunung Marapi dan Singgalang di Malam Tahun Baru

Pemerintah kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau untuk tidak ada aktivitas pendakian di gunung Marapi maupun gunung Singgalang di malam pergantian tahun baru 2020.

Hal itu disampaikan Pemerintah kabupaten Tanah Datar melalui surat edaran bersama yang dikeluarkan pada 26 Desember kemarin dengan nomor 300/001/Forkopimda-2019 tentang pengamanan pergantian tahun baru.

Dalam surat edaran itu, ada enam point imbauan yang tidak boleh dilakukan dimalam pergantian tahun baru. Point pertama dilarang mengadakan kegiatan hiburan malam di tempat-tempat umum, seperti melakukan pendakian Marapi dan Singgalang yang berpotensi terjadinya perbuatan maksiat terutama kepada muda-mudi.

Point kedua seluruh objek wisata dilarang menerima pengunjung pada malam pergantian tahun baru diantaranya Tanjung Mutiara, Ombilin Puncak Pato, Puncak Pas, Pincak Saduali, Aur Serumpun, Panorama Tabek Patah, Talago Atar dan objek wisata lainnya.

Point ketiga dilarang menggunakan petasan, kembang api yang berpotensi menimbulkan suara gaduh. Kebut-kebutan dengan menggunakan knalpot racing yang berakibat mengganggu ketertiban umum.

Point keempat meningkatkan kewaspadaan bahaya banjir dan longsor.

Point kelima meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat dan jangan mudah terpancing isu-isu yang akan memecah belah dan merugikan masyarakat serta meningkatkan siskamling dan peran Wali Nagari dan Wali Jorong untuk memantau situasi wilayah.

Point keenam agar edaran Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dapat disebarluaskan dan dilaksanakan.