26 Kader PDIP Kena Sanksi, Hasto Kristiyanto Beberkan Jenis Pelanggarannya

26 Kader PDIP Kena Sanksi, Hasto Kristiyanto Beberkan Jenis Pelanggarannya

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Sebanyak 26 kader PDIP mendapat sanksi disiplin oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagaimana disampaikan dalam pidato politiknya saat pembukaan Rakernas 1 dan HUT ke-47 PDIP.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan jenis pelanggaran mereka kepada wartawan di arena Rakernas kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2020).

“Sesuai dengan pidato politik Ibu Ketua Umum pada saat pembukaan Rakernas, disiplin langsung diterapkan. Mereka yang tidak menjalankan instruksi Ketum instruksi partai langsung diberikan sanksi” kata Hasto.

“Hari ini ada 26 kader PDIP yang diberikan sanksi karena tidak menjalankan perintah itu di dalam disiplin partai,” imbuhnya menegaskan.

Dia jelaskan, dari 26 kader PDIP yang dijatuhi sanksi itu lantaran melanggar tata tertib Rakernas. Seperti merokok sembarangan hingga kartu pengenal peserta Rakernas yang dilubangi dan sejenisnya.

“Ada yang merokok di luar pada saat acara, ada yang kemudian terlalu asik di tempat lain, ID card-nya dikasih lubang. Langsung kita berikan sanksi,” jelasnya.

Sanksi diberikan kepada 26 kader PDIP tepat pukul 14.30 WIB. Sebab, mereka dinilai tidak mengindahkan instruksi partai.

“Sudah 26 kader partai yang sudah dapat sanksi karena tidak menjalankan perintah partai tersebut,” tuturnya.

Menurut Hasto, komitmen PDIP dan Ketum Megawati kepada para kader yang ‘bandel’ itu dibuktikan secara langsung saat Rakernas. Karena itu, lanjut dia, siapapun yang melanggar ketentuan partai akan mendapat sanksi tegas.

“Menjadi kader partai, kita juga harus siap tidak hanya jadi pemimpin, tapi juga siap menjadi pengikut,” tukasnya.