Batalyon Komando 465 Paskhas Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Bencana Alam

Batalyon Komando 465 Paskhas Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Bencana Alam

Batalyon Komando 465 Paskhas Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Bencana Alam

TNI AU. Bataliyon Komando 465 Paskhas pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan Satuan Tugas Bencana Alam dan kegiatan pengecekan alat dan perlengkapan khusus SAR Pontianak Lanud Supadio yang dilaksanakan di Appron Lanud Supadio Jl. Arteri Supadio KM. 17, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, baru-baru ini. Senin (13/01/2020).

Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus S.IP., M.M., menyampaikan bahwa profesionalisme Paskhas selalu diuji kesiapsiagaannya, khususnya bidang SAR yang mana saat ini di titik beratkan pada SAR kemanusiaan.

Menurut Komandan Lanud Supadio bahwa para pimpinan TNI AU sangat paham dan mengerti akan kemampuan Paskhas tentang bidang SAR yang boleh dibilang sangat mumpuni, khususnya Batalyon Komando 465 Paskhas yang selalu berlatih untuk mempertajam insting dan kemampuan bidang SAR Tempur dan bidang SAR kemanusiaan bersama jajaran terkait di wilayah Kalimantan Barat.

Menurut keterangan Letda Pas Albana Riski, S.Tr. (Han) kepada Komandan Lanud Supadio bahwa kemampuan SAR pada bidang tertentu senantiasa dilatih baik bersama Basarnas Provinsi Kalimantan barat untuk jenis operasi SAR kemanusiaan tanggap darurat bencana alam, latihan bersama dengan unsur pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron 1 Supadio, Helly Puma Skadron 8 dan Superpuma dari Skadron 6 di Bogor serta pelaksanaan On Job Trainning di Rumah Sakit AU dr. Mohammad Sutomo Lanud Supadio untuk unsur kesehatan pada TIM SAR Batalyon Komando 465 Paskhas.

Letda Pas Albana Riski, S. Tr. Han juga menjelaskan dalam keterangannya kepada Danlanud Supadio bahwa dalam team SAR Batalyon Komando 465 Paskhas ada yg berkualifikasi Selam Tempur sebanyak 4 personel lulusan terbaik Satuan Pendidikan Khusus Pusdiklat Paskhas Bandung dan Selam Umum Federasi Olahraga Selam Indonesia sebanyak 38 personel semuanya siap digunakan setiap saat jika ada situasi yang membutuhkan kesigapan dari team SAR Batalyon Komando 465 Paskhas pungkasnya.