Ridwan Kamil: Keberadaan Sunda Empire, Banyak Orang Stres

Ridwan Kamil: Keberadaan Sunda Empire, Banyak Orang Stres

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengaku tak habis pikir dengan munculnya Sunda empire yang miri0 dengan keraton sejagat di Jateng.

Dirinya menjelaskan bahwa keberadaan sunda empire masih diselidiki Polda Jabar.

“Lagi diteliti Polda (Jabar), ini banyak orang stres di Republik ini. Menciptakan ilusi-ilusi yang sering kali romantisme-romantisme sejarah ini ternyata ada orang yang percaya juga menjadi pengikutnya,” kata Emil di Bandung, Sabtu (18/1)

Emil mengatakan, Kapolda Jabar sedang melakukan penelitian tentang keberadaan Sunda Empire yang membuat heboh jagat maya.

“Kalau ada aspek pidana kami akan tindak,” terangnya.

Emili meminta warga menggunakan akal sehat.

“Warga fokus kami gunakan rasio dalam berkehidupan. Gunakan aturan perundang-undangan jangan percaya terhadap hal hal tidak masuk dalam logika akal sehat,” paparnya.

Kabar keberadaan Sunda Empire di Bandung yang mirip dengan Keraton Agung Sejagat.

“Jadi Sunda Empire itu kejadiannya 2018. Sudah ditangani dari Kodim. Jadi ini latah saja karena kejadian yang di Purworejo itu. Ini kejadian 2018 itu diramaikan lagi,” kata Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Bandung Sony, Jumat kemarin.

Menurut Sony, Sunda Empire tidak terdaftar sebagai organisasi masyarakat oleh Kesbangpol. Sehingga ia menyimpulkan Sunda Empire adalah perkumpulan yang ilegal.

“Saat ditangani dan dibubarkan oleh Kodam pada 2018 lalu, kami ikut menelusuri keberadaan Sunda Empire,” katanya.