Dapat Bantuan Kementerian PUPR, Pemkot Pariaman Akan Perbaiki 121 Rumah Warga Miskin

Dapat Bantuan Kementerian PUPR, Pemkot Pariaman Akan Perbaiki 121 Rumah Warga Miskin

Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, akan melakukan peningkatan kualitas terhadap 121 rumah warga di wilayah tersebut pada tahun ini. Peningkatan itu dilakukan karena mendapatkan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pusat.

“Ada 121 rumah warga miskin yang akan diperbaiki tahun ini melalui bantuan rumah swadaya tahun 2020 dari Kementerian PUPR,” sebut Kepala Bidang Perumahan Permukiman, Dinas Perkim LH Kota Pariaman, Muliawan kepada covesia.com pada Sabtu (1/2/2020).

Lanjut Muliawan, bantuan didapat ada sekitar Rp2 miliar, itu hanya digunakan untuk peningkatan kualitas rumah warga yang tersebar di tujuh desa/kelurahan di Kota Pariaman ini.

“Jadi nanti kita lihat mana rumah warga tersebut yang dalam kondisi rusak berat, itu akan diberikan bantuan,” katanya.

Dikatakan Muliawan, sebenarnya yang diusulkan lebih dari 300 unit rumah tersebar di 21 desa/keluarahan di kota ini, namun yang dapat bantuan itu hanya 121 rumah.

“Dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, sedikit mengalami penurunan, sebab tahun lalu dapat 150 unit untuk bantuan serupa, dan 1000 rumah dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS),” ungkapnya.

Muliawan menyebutkan, nanti masyarakat penerima bantuan rumah swadaya ini akan diberikan uang bantuan sebesar Rp17,5 juta, dengan rincian Rp15 juta untuk membeli bahan dan Rp2,5 juta untuk upah.

Untuk sekarang kata Muliawan, pihaknya masih melakukan sosialisasi, setelah itu berlanjut dengan verifikasi di desa/kelurahan tehadap calon penerima bantuan tersebut.