Rumor 136 Pasien Virus Corona di Indonesia Bikin Geger, Perhimpunan Dokter Membantah

Rumor 136 Pasien Virus Corona di Indonesia Bikin Geger, Perhimpunan Dokter Membantah

Cakraberita.com, JAKARTA – Tagar #covdi19indonesia meramaikan media sosial Twitter, menyusul adanya rumor yang menyebutkan ada 136 pasien virus corona di Indonesia, Sabtu (29/2/2020).

Menanggapi kabar tersebut, Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia (PDEI) mengatakan sampai hari ini tidak ada warga di Indonesia yang positif virus Corona atau COVID-19.

“Sampai sekarang tidak ada,” kata Ketua PDEI Dr. Mohammad Adib Khumaidi dalam acara talkshow untuk media mengenai update virus Corona di Indonesia, Sabtu (29/22020).

Ia mengaku mendapat kiriman informasi yang menyebutkan bahwa ada 136 orang dalam pengawasan virus Corona di tanah air.

“Tadi saya dapat kiriman terkait hal itu. Belum ada yang sampai sekarang terkonfirmasi positif dan itu berdasarkan hasil pemeriksaan,” katanya.

Sebelumnya, data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikeluarkan pada 27 Februari mencatat pemeriksaan 136 spesimen yang diduga terinfeksi virus Corona.

Menurut laporan itu, pasien yang masih dalam pengawasan terkait dugaan virus tersebut tersebar di 44 rumah sakit di 22 provinsi, di antaranya adalah di DKI Jakarta sebanyak 35 orang, Bali 21 orang, Jawa Tengah 13 orang, Kepri 11 orang, Jawa Barat sembilan orang, Jawa Timur 10 orang dan Banten sebanyak lima orang.

Berdasarkan data tersebut, wartakotalive.com kemudian membuat berita dengan judul “BIKIN Kaget! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Jakarta Paling Banyak.

Berita tersebut ditayangkan pada Jumat, 28 Februari 2020 pukul 20.58 WIB. Berita tersebut banyak di-capture, kemudian dibagikan di media sosial.

Tak lama, Wartakotalive.com meralat judul dan memperbaiki beberapa kalimat dalam berita tersebut. Judul berita tersebut diubah menjadi “Ini Penjelasan Soal Adanya 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia.

Informasi soal adanya virus Corona di Indonesia juga disebarkan oleh anggota DPD RI, Fahira Idris di akun Twitternya @fahiraidris.

“Astagfirullah BIKIN KAGET! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di #Indonesia – DKI Jakarta 35 orang, Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang, Jatim 10 orang, Banten 5 oang, Sulut 6 orang, Jogya 6 orang, Kaltim 3 orang,” tulisnya.

Namun cuitan tersebut sudah tidak tampak lagi di akun Twitter Fahira Idris.

Fahira memperbaharui informasi seputar virus Corona dengan membagikan berita ralat dari wartakota.

“Kita semua berdoa agar tidak ditemukan kasus virs corona di Indonesia dan Pemerintah diberikan kemudahan dan jalan untuk memformulasikan dan menyiapkan strategi menghalau virus corona. Al Faatihah,” kata Fahira.