Risman: Kostratani Perlu Diaktifkan dan Diterapkan di Kota Pariaman

Risman: Kostratani Perlu Diaktifkan dan Diterapkan di Kota Pariaman

CakraBerita.com – Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (P3) Kota Pariaman, Risman mengatakan bahwa Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) perlu diaktifkan dan diterapkan di kota itu.

Hal itu disampaikan Risman saat menyosialisasikan Kostratani tingkat Kota Pariaman, di Aula Dinas P3 kota itu pada Rabu (11/3/2020).

“Ini perlu diaktifkan dan diterapkan di Kota Pariaman, supaya mengoptimalkan tugas dan fungsi kostratani itu di kota tersebut,” sebut Risman.

Dikatakan Risman, makanya itu pihaknya mengimbau untuk empat kecamatan di Kota Pariaman ini mengumpulkan data dan menjadi satu data yang di dalamnya bermacam informasi.

Risman juga menyebutkan, selain untuk mengoptimalkan peran penyuluh pertanian untuk mendampingi petani dalam membina dan membentuk kelompok tani, juga membuat sarana dan prasarana dalam penyuluh pertanian yang dilaksanakan di lapangan.

“Dengan begitu diharapkan, pembangunan pertanian di Kota Pariaman dapat dilaksanakan dengan baik dan lebih strategis serta bisa meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kota Pariaman, Mulyadi mengatakan, bahwa bahwa salah satu program pertanian jangka pendek, saat ini adalah membangun kostratan dari pusat hingga tingkat kecamatan.

Kostratani menjadi penting, sebab fokus pembangunan pertanian saat ini ada ditingkat kecamatan dan dibutuhkan komitmen serta keterlibatan masyarakat bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa.

Untuk itu, setelah dibentuknya kostrada ini maka hendaknya perlu diaktifkan kostratani disetiap kecamatan yang dipimpin oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Dalam kegiatan itu juga hadir Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Akmal, perwakilan dari Dinas Perindagkop kota itu dan perwakilan camat se-Kota Pariaman.