KI Minta Pemprov Sumbar Proaktif Informasikan Perkembangan Virus Corona ke Masyarakat

KI Minta Pemprov Sumbar Proaktif Informasikan Perkembangan Virus Corona ke Masyarakat

CakraBerita.com – Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Adrian Tuswandi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar harus proaktif dalam memberikan informasi tentang perkembangan kasus Covid-19 atau virus corona.

“KI berharap Pemprov Sumbar proaktif, dan memberikan informasi running yang jelas terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 di Sumbar,” ujarnya saat diwawancarai Covesia, Sabtu (14/3/2020).

Hal tersebut, kata Adrian, disebabkan karena Covid-19 sudah menyangkut hajat hidup orang banyak. Sebagaimana diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Adrian menegaskan perlu ada standar penanganan orang terindikasi Covid-19 secara ekslusif. “Sehingga tidak mencolok dan menimbulkan kepanikan masyarakat,” ujarnya.

Sejauh ini, aku Adrian, informasi yang disampaikan Pemprov Sumbar tentang Covid-19 sudah cukup membantu masyarakat. Meski demikian, kata Adrian pula, karena Covid-19 sudah ditetapkan sebagai pandemi global, maka Pemprov Sumbar perlu menunjuk jubir khusus yang bertugas memberikan informasi tentang perkembangan kasus Covid-19 di Sumbar.

“Jubir khusus tersebut berintegrasi dengan kota dan kabupaten se-Sumbar serta terintegrasi dengan penanganan Covid-19 secara nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi,” jelasnya.
(fkh)