8.000 Peserta Acara Jamaah Tabligh Disebut Sudah Tiba di Gowa, Acara Serupa di Malaysia 500 Orang Positif Corona

8.000 Peserta Acara Jamaah Tabligh Disebut Sudah Tiba di Gowa, Acara Serupa di Malaysia 500 Orang Positif Corona

CakraBerita.com – BNPB memastikan sekitar ribuan peserta Jamaah Tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia sudah tiba di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo mengungkapkan ada sekira 8.000 peserta yang sudah tiba di Gowa untuk mengikuti acara tersebut.

“Iya (benar informasi soal lebih dari 8.000 anggota jamaah tabligh sudah tiba di Gowa),” kata Agus seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (18/3/2020).

Masih belum ada keputusan final apakah acara tersebut akan berlangsung untuk dilaksanakan ataukan ditunda seiring imbauan Presiden yang menekankan untuk tidak mengadakan acara pengumpulan massa.

Diketahui sebelumnya, dilansir akun Twitter Nuice Media, kelompok Jamaah Tabligh ini juga sempat menggelar acara di Malaysia dua pekan lalu yang menyebabkan sebanyak 500 orang terinfeksi covid-19.

“Lebih dari 8.000 anggota Jamaah Tabligh tiba di Gowa, Sulawesi Selatan untuk perkumpulan keagamaan yang akan digelar pada 19-22 Maret. Kelompok yang sama (Jamaah Tabligh) yang bertanggung jawab atas perkumpulan di Malaysia 2 pekan lalu, yang menginfeksi Covid-19 kepada lebih dari 500 orang. Pemerintah setempat berupaya membatalkan acara tersebut,” cuit @nuicemedia.

Di Indonesia sendiri Jubir Pemerintah terkait Corona Achmad Yurianto mengungkapkan sudah ada 227 kasus positif corona, dengan 19 orang meninggal dunia, dan 11 lainnya dinyatakan sembuh.

Pemerintah sudah meminta kepada seluruh rakyat di mana pun berada untuk mengikuti imbauan agar menjauhi keramaian, menjaga jarak sosial, dan memperhatikan kesehatan masing-masing.