Rakor Penanganan Covid-19 di Bandara Syamsudin Noor   

Rakor Penanganan Covid-19 di Bandara Syamsudin Noor  

Rakor Penanganan Covid-19 di Bandara Syamsudin Noor  

CakraBerita.com –  Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di kawasan Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., bersama Manajemen Angkasa Pura I menggelar Rapat Koordinasi mengenai penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Kayuh Baimbai Kantor Administrasi PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Syamsudin Noor, Selasa (17/3).

General Manager Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Indah Preastuty, menyampaikan bahwa rakor yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pengawasan dan pengendalian Covid-19 sesuai dengan dokumen ADMP (Airport Desister Managemen Plan) pada Bandara International Syamsudin Noor dan juga untuk melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengendalian Covid-19, dimana Bandara merupakan pintu masuk orang banyak yang datang ke daerah Kalimantan Selatan dan sebagai upaya mitigasi untuk potensi penyebaran virus corona di Bandara Syamsudin Noor.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona ini Komandan Lanud Sjamsudin Noor juga turut menegaskan pada seluruh petugas bandara yang melakukan kontak langsung dengan penumpang seperti aviation security, customer service, maupun Duta Bandara yang bertugas agar dapat menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker, sarung tangan karet, dan safety goggle. Tidak hanya itu, Angkasa Pura I juga harus bersinergi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan pengoperasian alat pendeteksi suhu (thermal scanner) dan pemasangan poster pre-caution di area kedatangan. Hal ini sebagai langkah awal preventif bagi para penumpang dari gejala terinfeksi virus corona. serta melaksanakan himbauan terkait penyebaran Covid-19 kepada para penumpang.Untuk dapat mencegah penyebaran virus corona, khususnya di kawasan bandar udara, perlu kerjasama dari berbagai pihak. Untuk itu upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen Angkasa Pura I juga perlu dukungan dari para pengguna jasa bandar udara untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan,” imbuhnya.

Turut hadir mengikuti Rakor tersebut, Kepala Basarnas Banjarmasin, Kapolres Banjarbaru, Kadisops Lanud Sam, Karumkit Lanud Sam, Ps. Kaintel Lanud Sam, Dandenzipur/perwakilan, Kapolsek Banjarbaru Barat, KKP Kelas II Banjarmasin, ATC Trafific Control Perum LPPNPI Distrik Banjarmasin, Kepala BNPB Prov. Kalsel/perwakilan, Kepala RSUD Ulin Banjarmasin/perwakilan, Kepala PMI Prov. Kalsel/perwakilan, pimpinan DPPU Pertamina/perwakilan, Kepala karantina pertanian dan tumbuhan Banjarmasin/perwakilan, Kepala bea dan cukai Banjarmasin/perwakilan, Kepala imigrasi Kelas I Banjarmasin/perwakilan, para Manager unsur kebandarudaraan Syamsudin Noor serta para instansi terkait lainnya.

Rakor Penanganan Covid-19 di Bandara Syamsudin Noor