Cicilan Motor Dilonggarkan Setahun karena Corona, Jokowi Dipuji

Cicilan Motor Dilonggarkan Setahun karena Corona, Jokowi Dipuji

CakraBerita.com – Penulis buku yang juga pegiat media sosial, Denny Siregar memuji kebijakan Presiden Jokowi yang memberikan stimulus kepada para pengemudi ojek online (ojol).

Para driver ojol yang terimbas wabah virus Corona akan diberikan kelonggaran berupa relaksasi pembayaran cicilan selama setahun.

Denny Siregar menyebut ada 2,5 juta driver online di seluruh Indonesia, yang sebagian besar kendaraannya sedang dalam masa kredit.

“Kebijakan @jokowi lewat OJK melakukan relaksasi tidak bayar cicilan selama setahun krn Corona, adalah kebijakan yg patut dihargai,” kata Denny di akun Twitternya @Dennysiregar7, Sabtu (21/3).

“Ini seperti angin segar di tengah badai,” tambah penulis buku ‘Tuhan dalam Secangkir Kopi’ tersebut.

Sebelumnya, Staf Ahli Kemenko Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi mengatakan, pemerintah menyiapkan stimulus untuk pengemudi ojol yang terimbas virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, stimulus yang diberikan kepada driver ojol adalah relaksasi leasing atau kredit motor.

“Di sini ada tambahan kebijakan lanjutan untuk dampak ekonomi Covid-19. Pertama relaksasi leasing motor untuk ojol,” kata dia dalam telekonferensi yang digelar HIPMI melalui YouTube, Jumat (20/3/2020).

Edi menjelaskan relaksasi yang diberikan adalah melonggarkan ketentuan perhitungan kolektibilitas kredit, atau klasifikasi status keadaan pembayaran angsuran bunga maupun angsuran pokok dan bunga kredit oleh debitur.

Kelonggaran leasing motor ini akan diberlakukan selama satu tahun setelah ditetapkan.

“Jadi dilakukan dengan pelonggaran penghitungan kolektibilitas atau klasifikasi keadaan pembayar kredit motor terutama untuk ojol selama setahun,” jelasnya.

(one/pojoksatu)

VIDEO: Cara Buka Blokir Situs Web Tanpa VPN!