600-an Tentara Prancis Kru Kapal Induk Charles de Gaulle Terinfeksi Virus Corona

600-an Tentara Prancis Kru Kapal Induk Charles de Gaulle Terinfeksi Virus Corona

PARIS, iNews.id – Kasus virus corona yang menyerang tentara Prancis kru kapal induk Charles de Gaulle meroket. Hingga Rabu (15/4/2020), lebih dari 650 orang menderita Covid-19.

Jumlah tersebut malampaui kasus virus corona yang juga menyerang kapal induk Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt di mana 550 dari 4.800 krunya terinfeksi.

Kementerian angkatan bersenjata Prancis menyatakan, sebanyak 1.767 tentara sudah menjalani tes, hampir semuanya merupakan kru kapal induk Charles de Gaulle.
Dari jumlah itu, setidaknya 668 terinfeksi virus corona. Itu pun personel yang menjalani tes belum sepertignya.

“Sebanyak 31 personel dirawat di rumah sakit. Tes melibatkan jumlah Lebih banyak sedang dilakukan,” bunyi pernyataan Kementerian, dikutip dari Reuters, Kamis (16/4/2020).
Berdasarkan analisis, penularan virus corona diduga bermula dari latihan bersama dengan angkatan laut negara-negara Eropa utara di Laut Baltik.

Mereka tiba di pelabuhan Kota Toulon 2 pekan lebih awal dari yang jadwal semula setelah sekitar 40 kru menunjukkan gejala Covid-19. Sebanyak tiga di antaranya dievakuasi lebih dulu ke Toulan menggunakan helikopter.

Setelah kejadian ini, kru kapal induk Charles de Gaulle dan kapal fregat Chevalier Paul menjalani karantina di Toulan, termasuk para pilot jet tempur dan helikopter.

Kapal induk Charles de Gaulle berlayar di Laut Mediterania timur pada 21 Januari untuk mendukung operasi militer Prancis melawan militan ISIS, sebelum dikerahkan ke Atlantik dan Baltik. (sumber berita&gambar : inews.id)