Ikuti Protokoler Pemerintah Ditengah Wabah Covid-19, Satgas Yonif R 142/KJ Rutin Berolahraga

Ikuti Protokoler Pemerintah Ditengah Wabah Covid-19, Satgas Yonif R 142/KJ Rutin Berolahraga

Penyebaran wabah Covid-19 melanda berbagai Negara dibelahan Dunia, tak terkecuali Negara Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air, penyebaran yang tergolong cepat menghantui penderitanya hingga ancaman kematian, sehingga hal ini menjadi permasalahan yang serius saat ini.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus ini yaitu dengan meningkatkan imunitas diri melalui kondisi tubuh yang prima, seperti kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ yang berada di Jalan Meo Otu Hale Kecamatan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Senin (13/4/2020).

Dikatakan Dansatgas, olahraga dalam menjaga kebugaran fisik agar tetap prima selalu dilakukan oleh personelnya di Mako Satgas dan pos-pos yang berada dijajarannya setiap hari, khususnya pada pagi dan sore hari.

Olahraga dalam dunia militer adalah merupakan suatu program yang didukung oleh kesadaran secara individu akan kebutuhan untuk menjaga fisik agar tetap sehat dan prima, sehingga dapat mencapai pelaksanaan tugas secara maksimal.

“Selama ini kami melaksanakan kegiatan olahraga secara bersama-sama, tetapi dengan adanya pandemi wabah Covid-19, maka kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri, bila harus dilaksanakan secara berkelompok, maka akan diatur jarak setiap orang sesuai himbauan dari Pemerintah terkait tindakan pencegahan penyebaran wabah Covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan olahraga di Mako Satgas biasanya dipimpin langsung oleh Pasi Ops Satgas Lettu Inf Kosni Jamer dibantu oleh Dansi Mayon dan Bintara Pelatih.

“Sehubungan wabah Covid-19 maka kegiatan ditambah dengan berjemur dibawah terik matahari pagi untuk menjaga kesehatan kulit, sinar ultraviolet pada pagi hari juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh serta mentransmisi kerja otot dan saraf,” tambahnya.

Dirinya berharap, personelnya selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan, YME sehingga dapat kembali lagi berkumpul bersama keluarga besar di homebase.

Di tempat yang sama, Pasi Ops Satgas Lettu Inf Kosni Jamer mengatakan kegiatan olahraga juga dilaksanakan di masing-masing pos, rencana dan laporan kegiatan sendiri dikirim melalui pemanfaatan jaringan telekomunikasi seperti foto dan video.

“Olahraga tidak hanya dilaksanakan di Mako Satgas, tetapi dilaksanakan juga di masing-masing pos jajaran Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ guna menjaga stamina dan kondisi kebugaran fisik prajurit, rencana dan laporan kegiatan olahraga dilakukan melalui pemanfaatan jaringan telekomunikasi yang ada seperti foto dan video,” tandasnya. (sumber berita&gambar : tni.mil.id)