Yonif 1 Marinir Budayakan Cuci Tangan, Sebagai Langkah Preventif Mencegah Covid 19

Yonif 1 Marinir Budayakan Cuci Tangan, Sebagai Langkah Preventif Mencegah Covid 19

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), prajurit Yonif 1 Marinir menerima sosialisasi cara mencuci tangan yang benar berdasarkan organisasi kesehatan dunia (World Health Organization) di Markas Yonif 1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (30/04/2020).

Dalam sosialisasinya, Lettu Marinir Rusli Zaenudin Yusuf menyampaikan tujuh langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri, yaitu  pertama, membasahi tangan dengan air, dan mengoleskan produk sabun di telapan tangan. kedua, menangkupkan kedua telapak tangan dan menggosokkan produk sabun yang telah dituangkan. ketiga, meletakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya. keempat, meletakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait. kelima, tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari. keenam. menggosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya. ketujuh. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Kemudian mengeringkan tangan aman dari kotoran.

Disampaikan juga bahwa jika dalam kondisi tertentu, tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah gunakan hand sanitizer. Cara menggunakan hand sanitizer cukup mudah, walau dapat membantu mengurangi jumlah kuman di tangan dengan cepat, hand sanitizer tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman. Hand sanitizer juga tidak dapat menghilangkan kotoran dan minyak di tangan. Setelah mengoleskan gel pada tangan, gosok permukaan tangan, jari, dan sela-sela jari hingga tangan mengering.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Aang Andy Warta, M. Tr Opsla mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan agar prajurit Yonif 1 Marinir selalu melaksanakan pola hidup sehat baik diri sendiri, keluarga maupun lingkungan tempat tinggalnya, mengingat pandemi covid-19 saat ini telah menyebar hampir keseluruh negara di dunia.

“Upaya ini akan sia-sia apabila prajurit tidak menjaga kebersihan diri sendiri, yaitu dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas di lingkungan sekitarnya”, tegasnya. (sumber : tni.mil.id)