Yonif 405/SK Wujudkan Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Yonif 405/SK Wujudkan Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Ditengah pandemi virus corona atau Covid-19, ketahanan pangan juga harus menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan selain upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Penerapan social distancing dalam kehidupan bermasyarakat berdampak secara menyeluruh diberbagai bidang, termasuk ketahanan pangan. Menyediakan stok makanan mentah dirumah serta memetik hasil pertanian yang dimiliki menjadi alternatif daripada membeli makanan diluar rumah.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Kompi Senapan C Yonif 405/SK yang menanam pohon pisang di kebun belakang komplek perumahan Kipan C, Wanareja, Kabupaten Cilacap. Minggu (3/5/2020)

Untuk saat ini, Hasil panen buah pisang tersebut digunakan untuk meningkatkan Gizi prajurit dan keluarganya, tak hanya Prajurit yang dibagikan tetapi termasuk kepada masyarakat yang berada sekitar asrama. Hal ini adalah wujud kepedulian anggota Yonif 405/SK terhadap masyarakat yang juga terdampak Covid-19.

Program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Kipan C Yonif 405/SK tidak serta merta instan dilakukan, pasalnya Danyonif 405/SK Letkol Inf ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P setahun yang lalu telah memerintahkan kepada jajarannya untuk melaksanakan program ketahanan pangan dengan membersihkan lahan kosong guna ditanami tanaman bermanfaat agar hasilnya dapat dinikmati oleh prajurit dan keluarganya.

Pohon pisang adalah pilihan tepat yang ditanam oleh anggota Kipan C Yonif 405/SK, karena kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh/imun dalam melawan infeksi, sehingga virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh.  (sumber : tni.mil.id)