Koarmada I Kembali Amankan 119 Pekerja Migran Ilegal Asal Malaysia Di Perairan Tanjung Tiram

Koarmada I Kembali Amankan 119 Pekerja Migran Ilegal Asal Malaysia Di Perairan Tanjung Tiram

Patkamla Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) Koarmada I kembali mengamankan Kapal Motor (KM) tanpa nama yang membawa 119 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI)  Ilegal dari Malaysia di perairan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara pada Minggu (3/5).

Setelah dilakukan patroli, Patkamla Lanal TBA akhirnya menemukan Kapal Motor (KM) tanpa nama memuat penumpang yang diduga PMI ilegal yang sedang melaksanakan lego jangkar. Kemudian dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal tanpa nama tersebut dan ditemukan 119 orang PMI ilegal dari Malaysia  yang terdiri  dari 94 laki-laki, 21 perempuan, 2 balita perempuan dan 2 balita laki-laki.

 Diperoleh Informasi bahwa kapal motor tersebut lego jangkar dikarenakan mengalami kerusakan sehingga ABK turun kedarat dengan menumpang sampan untuk memanggil teknisi. Kemudian kapal tanpa nama tersebut ditarik menggunakan kapal nelayan menuju ke Pos TNI AL terdekat di Tanjung Tiram Kabupaten Batubara.

 Tiba dipelabuhan Tanjung Tiram, PMI Ilegal tersebut dilaksanakan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan penanganan protokol Covid-19. Selesai menjalani proses awal penanganan PMI tersebut diserahkan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Batubara untuk proses penanganan lebih lanjut.

 Di tengah wabah Covid-19 ini Lanal TBA akan terus melaksankan patroli dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 yang berpotensi dibawa PMI dari luar negeri. Kecurigaan ini akan semakin tinggi terhadap orang yang melakukan perjalanan terlebih dengan cara illegal, tegas Danlanal TBK Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahruddin. (sumber : tni.mil.id)