Optimalkan Kemampuan Tempur, Komodo Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad Di-Upgrade

Optimalkan Kemampuan Tempur, Komodo Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad Di-Upgrade

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis serta perubahan spektrum ancaman yang sangat dinamis, upaya peningkatan modernisasi serta kecanggihan Alutsista terus dilakukan pimpinan TNI AD terhadap Satuan jajarannya, Selasa (16/06).

Sementara itu, Danyonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy menjelaskan, kegiatan pemeriksaan materiil terhadap kendaraan Komodo BCV dan MEV serta radio ini merupakan bagian dari upaya pimpinan untuk semakin meningkatkan kemampuan Alutsista yang dimiliki TNI AD, khususnya Artileri Medan. “Pergeseran kendaraan Komodo BCV dan MEV ini bertujuan untuk kelanjutan upgrade sistem penembakan meriam 155 mm Caesar. Penembakan saat ini masih menggunakan sistem BACARA, yang selanjutnya akan di upgrade menjadi sistem penembakan FINDART,” terangnya.

Menurut Ronald, sistem FINDART ini nantinya akan memungkinkan Danyon dan Papuspibak Yon mengontrol steling dari masing-masing baterai tempur hanya dalam tampilan sebuah layar .”Sistem FINDART ini bahkan mampu menampilkan Enemys Zone (zona musuh) dan Friend Zone (zona kawan) dalam satu layar, sehingga sistem canggih ini tidak hanya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, namun juga dapat menghindarkan kita  dari Fratricide (menembak kawan sendiri),” imbuhnya. (sumber : tni.mil.id)