Perangkat Desa Ditekankan Jaga Netralitas di Pilkada Sergai

Perangkat Desa Ditekankan Jaga Netralitas di Pilkada Sergai

mediasumutku.com| SERGAI- Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Irman, menekankan kepada seluruh perangkat desa di Sergai dari mulai camat, lurah dan kepala desa untuk menjaga netralitasnya pada Pemilihan Kepala Daerah yang akan diselenggarakan secara serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan silaturahmi dengan camat dan perangkat Desa se-Kecamatan Dolok Merawan, bertempat di Desa Limbong Kecamatan Dolok Merawan, Rabu (4/11/2020).

“Silahkan gunakan hak politik sebagai pribadi, namun dengan tetap menjaga netralitas dengan baik. Perangkat desa kita minta untuk pro-aktif mengimbau masyarakat untuk sebanyak-banyaknya hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember 2020 mendatang,” katanya.

Dia meminta, agar perangkat desa dapat memposisikan dirinya pada tempatnyasesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk di media sosial.

“Bijaklah berbicara dan berbahasa tubuh agar memberikan contoh yang baik serta menghindari adanya temuan pihak yang berwenang yang dapat membawa kita kepada masalah hukum,” ucapnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh perangkat desa untuk berkerja dengan sebaik-baiknya, bersikap profesional sesuai dengan sumpah jabatan.

“Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta berperan aktif dalam suksesnya Pilkada serentak tahun ini,” ujarnya.

Disela-sela pertemuan tersebut Pjs Bupati Sergai berkesempatan menerima dan memberikan solusi terkait aspirasi perangkat desa. Diantaranya, tentang penerima bantuan sosial serta bantuan bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Sehingga, masyarakat dapat terbantu dan mengurangi kesulitan mencukupi kebutuhan hidup dan memberdayakan usaha yang dijalankan agar dapat bertahan serta tetap eksis ditengah pandemi.

Menanggapi hal itu, Pjs. Bupati Sergai, Ieman juga menginstruksikan, melalui Camat agar segera dilakukan pendataan UMKM yang ada untuk kemudian akan disampaikan kepada Pemprovsu guna mendapatkan bantuan bagi UMKM.

Kemudian terkait data penerima bantuan sosial yang belum merata, Pemkab Sergai akan terus berperan aktif guna perbaikan DTKS (Data Terpadu Kesejahteran Sosial) dan melakukan update data agar masyarakat miskin maupun yang terdampak pandemi Covid-19 yang mendapatkan bantuan lebih merata dan lebih tepat sasaran lagi.

“Yang paling penting untuk diingat adalah data tersebut benar dan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Pjs Bupati yang juga saat ini menjadi tim utama mensukseskan program kerja Sumut Bermartabat bertekad melakukan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Hal itu, agar tidak ada lagi masyarakat yang kelaparan salah satunya melalui stimulus ekonomi seperti bantuan bagi UMKM maupun bantuan sosial dari Pemprovsu,” kata Irman.

Mengakhiri sambutannya, Pjs Bupati mengajak, agar para perangkat desa untuk tetap kompak dalam berbuat terbaik bagi masyarakat dan meyakinkan bahwa semua usulan akan diprioritaskan untuk direalisasikan sesuai dengan peruntukannya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian masker secara simbolis kepada Camat Dolok Merawan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Sergai. (MS6)