Pemko Tebingtinggi Raih WTP 2019

Pemko Tebingtinggi Raih WTP 2019

mediasumutku.com| SERGAI- Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun 2019.

Penghargaan WTP diberikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK) Kanwil DJPB Provinsi Sumatera Utara Mercy Monika R Sitompul di Kantor KPPN Jalan Sutoyo Kota Tebing Tinggi, Kamis (12/11).
Dalam arahannya, Kabid PAPK Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Sumatra Utara, Mercy Monika mrnyebutkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut rapat kerja akuntansi dan pelaporan keuangan tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan pada 22 September 2020 secara virtual.
Dijelaskan Mercy, untuk provinsi Sumatera Utara, dari 33 Kabupaten Kota yang ada, 21 pemerintah daerah berhasil mendapat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Sebagai wujud apresiasi pemerintah atas capaian tersebut, Menteri Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai berupa piagam WTP karena telah berhasil memperoleh opini terbaik dari BPK RI,” bilangnya.
Ditambahkan Mercy, capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan negara yang sehat dan sesuai dengan perundang undangan dan praktek terbaik.

“Capaian WTP ini diharapkan menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan tata pengelola keuangan di pemerintah daerah, bukan hanya mengelola uang negara, barang milik negara. Tetapi ini tanggung jawab dalam melaksanakan fungsi pemerintahan di daerah,”pungkasnya. (MS6)