Lansia Hidup Sendiri, Bobby Nasution Datang Mengunjungi

Lansia Hidup Sendiri, Bobby Nasution Datang Mengunjungi

mediasumutku.com | MEDAN – Perempuan lanjut usia (lansia), sebatangkara yang hidup memprihatinkan kembali dijumpai Bobby Nasution di Kota Medan. Rumah dengan atap yang hampir runtuh, serta lantai kupak-kapik lantaran sering diterpa banjir dihuni oleh Salmah (65), seorang diri. Tepatnya di Jalan Garu II Gang Flamboyan, Medan Amplas.

Kala Bobby berkunjung, Salmah tak mampu menahan tangisnya. Dia mengadukan nasibnya kepada menantu Presiden Jokowi ini. “Kaki saya sakit pak, tidak bisa jalan lagi. Selama hidup pun hanya mengharapkan bantuan dari tetangga dan dari kelurahan. Saya dapat Rp 200 ribu setiap bulannya, itulah semua untuk makan dan obat,” tuturnya.

Salmah mengaku tidak bisa lagi memakai BPJS Kesehatannya lantaran menunggak dan tidak bisa membayar iuran bulanannya lagi. Makanya, untuk obat sakit kaki dan jantungnya, dia berharap bantuan.

Selain Salmah, Bobby juga jumpa dengan Maryamah (66), survivor kanker di Jalan Dame, Timbang Deli, Medan Amplas. Dipandu Ketua DPC Gerindra Ihwan Ritonga, Bobby mengetahui meski punya BPJS Kesehatan, biaya transportasi juga menjadi kendala warga untuk berobat.

Ibu empat orang anak ini mengaku sudah menjadi survivor kanker sejak 6 tahun lalu.Diindikasi kanker payudara stadium II, Maryamah menjalani pengobatan hingga dinyatakan sembuh. “Bahkan saya sudah kembali jualan sarapan,” ucapnya.

Tapi, empat bulan lalu, pasca mengalami pendarahan dan menjalani pemeriksaan di rumah sakit, Mariyamah kembali divonis kanker, bukan payudara, tapi divonis kanker rahim. Dan kini, dia menjalani perawatan dengan terapi sinar dan kemoterapi di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh Medan.

“Kalau dihitung, untuk ongkos transportasi selama 5 bulan pengobatan setiap hari, sudah lebih dari Rp 2,6 juta habis, belum lagi obat luar yang tidak ditanggung BPJS. Makanya sekarang ini pengobatan mamak, terpaksa berhenti, kami tak punya dana lagi,” ucap anak sulung Maryamah, Erda (44). Makanya, mereka berharap Bobby Nasution dapat memberikan perhatian.

Kepada kedua lansia, Bobby menyampaikan simpatinya. Menurut dia, orangtua seperti mereka harusnya mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. “Makanya, peran kelompok-kelompok yang bergerak aktif pada lansia harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan para lansia,” pungkasnya.