HUT Kabupaten Batubara ke 14 Dirayakan Sederhana

HUT Kabupaten Batubara ke 14 Dirayakan Sederhana

mediasumutku.com | BATUBARA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Batubara digelar secara sederhana dengan pelaksanaan paripurna istimewa di Ruang Sidang Paripurna DPRD,Selasa (8/12/2020). Paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Batubara Safii dan turut dihadiri Bupati Ir Zahir dan Wakil Bupati Oky Igbal Prima.

Sidang diawali dengan membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Batubara mekar dari Kabupaten Asahan. Kemudian dalam sambutannya, Bupati Zahir mengatakan, pada tahun 2020 menjadi tahun yang istimewa dan semakin baik bagi Kabupaten Batubara.

Dikatakannya, Pemkab Batubara tahun 2020 mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terhadap audit hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019. Atas pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Batubara kembali mendapat dana insentif daerah (DID) dari pusat sebesar Rp 10.193.400.000.

Menurutnya, pada tahun 2020, Kabupaten Batubara menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Utara yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dan Provinsi Sumatera Utara untuk mengelola anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Hal itu, merupakan upaya Pemkab Batubara untuk manjaga dan memelihara kegiatan ekonomi nasional serta daerah, sebagai salah satu kabupaten yang menjadi lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadikan Kabupaten Batubara sebagai kawasan strategis Provinsi Sumatra Utara, “ kata Zahir.

Dituturkannya, Kabupaten Batubara ditahun ke 14, merupakan tahun prestasi hasil kerja keras dan didukung oleh pihak legislatif, dalam mewujudkan good governance didalam Pemerintahan Kabupaten Batubara.

Sebelumnya, Ketua DPRD Batubara, Syafii mengajak, seluruh komponen penyelenggaraan pemerintah dan masyarakat, menjadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Batubara sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan.

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh masyarakat, insyaAllah berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Batubara dapat kita atasi bersama,”kata Ketua DPRD. (MS10)