Pilkada Tak Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat

Pilkada Tak Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat

mediasumutku.com| MEDAN- Harga sejumlah kebutuhan pokok saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bergerak stabil.

Dari pantauan pada hari ini di Medan, harga cabai merah masih berada dikisaran Rp37.000 hingga Rp40.000 perkilogran. Cabai rawit berada dikisaran Rp40.000an meskipun masih ada pedagang yang menjual hingga Rp50.000an perkilogramnya. Harga bawang merah stabil dikisaran Rp 27.000 perkilogram. Bawang putih stabil dikisaran Rp24.000 perkilogram.

“Harga komoditas daging ayam stabil dalam rentang Rp 30.000 hingga Rp33.000 perkilogram. Daging sapi tetap dalam rentang Rp105.000 hingga Rp 130.000 perkilogra. Telur ayam stabil dikisaran angka Rp 24.000 perkilogram. Libur satu hari karena Pilkada tidak membuat efek besar terhadap perubahan sejumlah harga kebutuhan pokok,” kata Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (9/12/2020).

Dan dalam dua hari sebelumnya dimana cuaca lebih bersahabat, juga menjadi salah satu pemicu stabilnya sejumlah harga kebutuhan pokok pada hari ini. Dan harapan kedepan adalah tidak ada gejolak pada harga komoditas pangan mengingat ada beberapa wilayah yang sampai saat ini kerap dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

“Beberapa harga kebutuhan pokok memang masih bertahan ,ahal. Salah satunya komoditas cabai. Tetapi emmang sulit untuk menekan harganya seiring dengan cuaca yang kurang bersahabat ditambah tren konsumsi yang meningkat di bulan desember ini,” ujarnya.

Menurutnya, Pilkada hari ini juga tidak diikuti dengan penurunan aktifitas di pasar tradisional yang turun signifikan. Sejauh ini aktifitas ekonomi di pasar tradisional memang sedikit lebih sepi dibandingkan dengan hari biasa. Akan tetapi, tidak seburuk penurunan kunjungan belanja pada hari libur panjang.

“Omset pada hari ini bisa saja mengalami penurunan meskipun dalam angka yang terbatas. Dan kita berharap tidak ada lagi banjir susulan yang bisa merusak keseimbangan pasar,”pungkasnya. (MS11/foto:int)