Praktik Calo Rapid Tes Terbongkar, Simak Penjelasan Kapolres Jakarta Pusat

Praktik Calo Rapid Tes Terbongkar, Simak Penjelasan Kapolres Jakarta Pusat

medisumutku.com | JAKARTA – Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat membongkar praktik percaloan tes Covid-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, praktik percaloan tes Covid-19 merajalela karena pemerintah mewajibkan masyarakat yang keluar masuk Jakarta untuk memperlihatkan hasil tes swab antigen Covid-19.

Akibatnya, antrean tempat tes Covid-19 di Stasiun Pasar Senen mengular sejak Sabtu (19/12/2020). Hal ini dimanfaatkan para calo, mereka menawarkan penumpang tes Covid-19 di tempat lain.

“Karena di sana (Stasiun Senen) terlalu padat masyarakat atau penumpang, sehingga calo-calo ini memanfaatkan situasi untuk menawarkan jasanya melaksanakan hasil rapid di tempat lain,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada, Minggu (20/12/2020).

Dalam kasus ini, polisi berhasil menangkap tiga calo. Keberadaan calo dinilai meresahkan masyarakat.

“Adanya kegelisahan warga sendiri termasuk Kepala Stasiun, maka kami tadi malam melakukan penyelidikan dan tangkap 3 calo ini,” ujarnya.

Heru mengatakan bahwa keterlibatan calo masih sebagai jasa yang menawarkan kepada penumpang untuk mendapatkan hasil rapid test di tempat lain.

Meskipun demikian, polisi melakukan pemeriksaan terhadap para calo untuk mendalami adanya tindak pidana atau tidak.

“Namun tetap kita dalami, apakah ada tindak pidana atau ada penyalahgunaan rapid ini, kami masih mohon waktu. Kami masih lakukan penyelidikan, nantinya akan diekspos ke media,” ucap Heru.