Bangkitkan Wirausaha Muda, Disnaker Asahan Gelar Pelatihan

Bangkitkan Wirausaha Muda, Disnaker Asahan Gelar Pelatihan

mediasumutku.com |ASAHAN-Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat banyak orang tidak hanya kehilangan mata pencaharian. Namun, juga kehilangan usaha yang dirintis. Hal itu berdampak langsung pada pelaku wirausaha khususnya bagi anak muda yang baru memulai membangun bisnisnya.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Asahan berupaya membangkitkan kembali gairah wirausaha melalui pelatihan, yang digelar Disnaker Senin (21/12/2020).

Sebanyak 40 orang peserta usaha di kabupaten Asahan mengikuti pelatihan kewirausahaan produktif stimulus ekonomi ketenagakerjaan dan dunia usaha yang difasilitasi Dinas Ketenagakerjaan melalui program tahap III peningkatan kesempatan kerja bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Lamhot Hutabarat, selaku Instruktur Pelatihan Kewiruasahan Produktif yang sekaligus Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas dari Disnaker Provsu mengatakan, tujuan dari pelatihan kewirausahaan produktif ini adalah untuk membangkitkan minat berwirausaha dari calon peserta yang sudah terseleksi.

“Kita membangkitkan minat berwirausaha dari para peserta, yang mungkin mereka pernah membangun usaha dan terhenti atau koleps yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, maka disinilah peranan kita memberikan motivasi kemereka untuk kembali membangun usaha tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Lamhot mengatakan, pelatihan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 5 hari dari tanggal 21 sampai dengan 25 Desember 2020 mendatang. Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Disnaker Provsu, Disnaker Kabupaten Asahan, perbankan (Bank Sumut) serta praktisi.

Lamhot berharap, kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provsu terutama tindak lanjut dari peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dan tetap melakukan pembinaan monitoring evaluasi kepada mereka.

“Kepada para peserta pelatihan kami berharap agar mencoba membuka kembali usahanya dengan menerapkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini serta memanfaatkan bantuan yang diberikan berupa alat-alat sesuai dengan jenis usahanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Nurasyah Harahap, SP, MM mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disnaker Provsu yang telah melakukan pelatihan di Kabupaten Asahan.

“Di mana pelatihan yang dilaksanakan ini sangat memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta pelatihan untuk membuka usaha,” kata Nurasyah. (MS10)